Asalamualaikum

Asalamualaikum

Jumat, 15 Oktober 2010

Tugas 3

FRANCHISE


Nama Kelompok :
Febrilianti Dian P(22210695)
Galuh Listya Widhati S (22210937)
Wiana Laraswati (29210181)

PENDAHULUAN 
Latar Belakang 
   Kami mengambil tema "franchise lokal" karena franchise lokal pad khususnya RM.Sederhana sudah mempunyai nama yang cukup dikenal dan sudah mempunyai cabang hampir diseluruh kota di Indonesia
   RM Sederhana sangat menonjolkan makanan yang sesuai dengan selera msyarakat Indonesia,Harga terjangkau dan pelayanan bagus sehingga banyak franchisee yang memilih RM.Sederhana sebagai usahanya.

PEMBAHASAN 
Sejarah Waralaba
   Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer,pembuat mesin jahit Singer ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal,namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian caranya ini diikuti oleh pewaralaba ain yang lebih sukses, John S Pemberton,Pendiri Coca Cola[1].Namun menurut sumber lain yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola melainkan sebuah industry otomotif AS,General Motors Industry di tahun 1898[2].Di Indonesia sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an,yaitu dengan munculnya dealer kendaraan  bermotor melalui pembelian lisensi .perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an,yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus,yaitu franchisee tidak sekedar sebagai penyalur,namun juga memiliki hak untuk memproduk produknya [3]

Pengertian Franchise,Fanchisor, dan Franchisee 
  Franchise atau waralaba dalam bahasa indonesia,adalah sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa.Selain pengertian waralaba,perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
-Franchisor atau pemberi waralaba,adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atu ciri khas usaha yanng dimilikinya.
-Franchisee atau penerima waralaba,adalah badan usaha atu perorangan yang diberikan hak  untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba[4].

Jenis Waralaba
Waralaba dapat dibagi menjdi dua :
- Waralaba luar negri: Mac Donald,Kentucky Fried Chicken,Pizza Hut,Dunkin Donuts,Bread Story,Bread Talk,Wendys,Kafe Dome
-rWaralaba dalam negri: RM.Sederhana,J.CO,Kebab Babarafi.
  Untuk itu kami mengambil contoh franchise dalm negri yaitu :"RM.Sederhana".RM.Sederhana milik keluarga Bustasam bukanlah usaha asal-asalan.Buktinya resto yang ketika didirikan 1960 semula menggunakan nama"Singgalang Jaya"terpaksa mengubah nama menjadi "sederhana" setelah beberapa pertimbangan" klinis dan klenis"pada tahun 1972[5].RM.Sederhana terlihat lebih ekspansif karena sejak awal ia sangat menjaga kualitas makanan dan pelayanan.makanan enak harus dibarengi dengan servis yang bagus.Rumah Makan yang di bandrol SB(salah satu pemilik yang bergabung dalam usaha franchise RM.Sederhana) lebih mahal ketimbang RMPS lainnya,selisih tidak besar.untuk mengontrol kualitas makanan dan pelayanan ada coordinator yang memantau kelancaran usaha SB.

KESIMPULAN
   Jadi RM.Sederhana banyak diminati franchisee karena makanannya enak sesuai dengan selera masyarakat Inonesia,harganya terjangkau,dan pelayanannya yang bagus.

REFERENSI
  1. ^http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/For-Gol/Franchising.html
  2. ^http://paroki-teresa.tripod.com/Tonikum_WARALABA1.htm
  3. ^http:/www.smfranchise.com/franchise/artiwaralab.html
  4. ^PASAL:1,PP No.16 Tahun 1997 Tentang Waralaba
  5. ^http://www.google.com/kamis,12 April 2007/Henni T Soelaeman/Ekspansi Gay RM.Sederhana

www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar