Asalamualaikum

Asalamualaikum

Sabtu, 30 Oktober 2010

StudentSite

  Studentsite adalah Fasilitas web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan adanya fasilitas Studentsite mahasiswa dengan mudah bisa mendapatkan berbagai civitas antar akademik Universitas Gunadarma.Mahasiswa juga dapat membaca informasi-informasi tentang Universitas Gunadarma,Berita-berita dari BAAK juga bisa dilihat dalam suatu fitur Studentsite,yang diantaranya terdiri dari: 

  1.  LOCKER : Dengan membuka "locker" mahasiswa bisa mengetahui semua hal yang terkait dengan kegiatan akademis Universitas Gunadarma
  1. ADDRESS BOOK : Dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
  2. CALENDAR : Untuk mengatur jadwal harian selayaknya agenda
  3. FILE MANAGER : Mahasiswa dapat menyimpan dan mengelola  file-file yang dimilikinya
  4. FORUM : Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat dengan rekan-rekannya
  5. BOOKMARK : Fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet. Dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL situsnya untuk referensi dikemudian hari.
    Dengan adanya Studentsite,Mahasiswa Universitas Gunadarma diberikan kemudahan dan dapat merasakan keuntungan dan manfaat-manfaat yang bisa mahasiswa Universitas Gunadarma dapatkan dengan fasilitas StudentSite. 

Jumat, 15 Oktober 2010

Tugas 3

FRANCHISE


Nama Kelompok :
Febrilianti Dian P(22210695)
Galuh Listya Widhati S (22210937)
Wiana Laraswati (29210181)

PENDAHULUAN 
Latar Belakang 
   Kami mengambil tema "franchise lokal" karena franchise lokal pad khususnya RM.Sederhana sudah mempunyai nama yang cukup dikenal dan sudah mempunyai cabang hampir diseluruh kota di Indonesia
   RM Sederhana sangat menonjolkan makanan yang sesuai dengan selera msyarakat Indonesia,Harga terjangkau dan pelayanan bagus sehingga banyak franchisee yang memilih RM.Sederhana sebagai usahanya.

PEMBAHASAN 
Sejarah Waralaba
   Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer,pembuat mesin jahit Singer ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal,namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian caranya ini diikuti oleh pewaralaba ain yang lebih sukses, John S Pemberton,Pendiri Coca Cola[1].Namun menurut sumber lain yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola melainkan sebuah industry otomotif AS,General Motors Industry di tahun 1898[2].Di Indonesia sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an,yaitu dengan munculnya dealer kendaraan  bermotor melalui pembelian lisensi .perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an,yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus,yaitu franchisee tidak sekedar sebagai penyalur,namun juga memiliki hak untuk memproduk produknya [3]

Pengertian Franchise,Fanchisor, dan Franchisee 
  Franchise atau waralaba dalam bahasa indonesia,adalah sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa.Selain pengertian waralaba,perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
-Franchisor atau pemberi waralaba,adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atu ciri khas usaha yanng dimilikinya.
-Franchisee atau penerima waralaba,adalah badan usaha atu perorangan yang diberikan hak  untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba[4].

Jenis Waralaba
Waralaba dapat dibagi menjdi dua :
- Waralaba luar negri: Mac Donald,Kentucky Fried Chicken,Pizza Hut,Dunkin Donuts,Bread Story,Bread Talk,Wendys,Kafe Dome
-rWaralaba dalam negri: RM.Sederhana,J.CO,Kebab Babarafi.
  Untuk itu kami mengambil contoh franchise dalm negri yaitu :"RM.Sederhana".RM.Sederhana milik keluarga Bustasam bukanlah usaha asal-asalan.Buktinya resto yang ketika didirikan 1960 semula menggunakan nama"Singgalang Jaya"terpaksa mengubah nama menjadi "sederhana" setelah beberapa pertimbangan" klinis dan klenis"pada tahun 1972[5].RM.Sederhana terlihat lebih ekspansif karena sejak awal ia sangat menjaga kualitas makanan dan pelayanan.makanan enak harus dibarengi dengan servis yang bagus.Rumah Makan yang di bandrol SB(salah satu pemilik yang bergabung dalam usaha franchise RM.Sederhana) lebih mahal ketimbang RMPS lainnya,selisih tidak besar.untuk mengontrol kualitas makanan dan pelayanan ada coordinator yang memantau kelancaran usaha SB.

KESIMPULAN
   Jadi RM.Sederhana banyak diminati franchisee karena makanannya enak sesuai dengan selera masyarakat Inonesia,harganya terjangkau,dan pelayanannya yang bagus.

REFERENSI
  1. ^http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/For-Gol/Franchising.html
  2. ^http://paroki-teresa.tripod.com/Tonikum_WARALABA1.htm
  3. ^http:/www.smfranchise.com/franchise/artiwaralab.html
  4. ^PASAL:1,PP No.16 Tahun 1997 Tentang Waralaba
  5. ^http://www.google.com/kamis,12 April 2007/Henni T Soelaeman/Ekspansi Gay RM.Sederhana

www.gunadarma.ac.id

Sabtu, 09 Oktober 2010

tugas 2

  1. Produksi,Distribusi, dan Konsumsi. Produksi adalah Segala kegiatan untuk menghasilkan barang. Distribusi adalah Segala kegiatan manusia untuk menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen, Konsumsi adalah Segala sesuatu kegiatan manusia untuk menghabiskan nilai guna barang.Sehingga produksi,distribusi dan konsumsi menjadi satu kesatuan yang menyebabkan terjadinya aktifitas ekonomi
  2. Perusahaan : lebih mengutamakan pada keuntungan sedangkan, Lembaga Sosial : Tidak mengutamakan pada keuntungan tetapi sangat mengutamakan pada kesejahteraan masyarakat
  3. Faktor yang mempengaruhi letak dan perusahaan:-Transportasi yang memadai dan mudah dijangkau-Letak yang strategis-kebersihan dan kenyamanan
  4. Eksternal Makro adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaas atau kendali pemasar. Contoh : -Kondisi perekonomian-Sosial dan kebudayaan.Eksternal Mikro :Lingkungan eksternal yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran.Contoh :-Pemasok-Perantara-Pasar-Pesaing
Dasar Pemasaran Hal 17 dan 19
Teguh Budiarto

www.gunadarma.ac.id

Tugas 1

  1. Karena dalam belajar bisnis saya mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan bagaimana menjalankan bisnis dengan baik untuk menambah pendapatan dan mencapai keuntungan yang berlimpah (maksimal)
  2. Faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di indonesia diantaranya :-Modal -Tenaga Kerja (skill) -Konsumen -Jumlah pendapatan penduduk. karena modal,tenaga kerja (skill),konsumen,dan jumlah pendapatan penduduk merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi untuk berjalanya kegiatan bisnis

www.gunadarma.ac.id